DUA PERISTIWA BESAR

Ada dua momen kehidupan meliputi segalanya, yaitu momen saat ini, di mana kita beba memilih apa saja yang kita inginkan, dan momen kematian, ketika tidak bisa lagi memiliki pilihan apa pun, karena semua keputusan ada di Tangan Tuhan.
Jika kita menjalani saat ini dengan baik, kematian pun akan menjemput kita dengan baik. Jika kita bersama Tuhan hari ini, dalam setiap momen yang terus memperbarui dirinya tanpa henti dan senantiasa dalam kondisi aktual, kita akan bersama Tuhan pada momen kematian nanti. Mengingat Tuhan adalah merasakan kematian dalam hidup. Ia akan layaknya kehidupan dalam kematian. Analoginya: jika kita memasuki Tuhan, Tuhan akan memasuki diri kita.
Kalau kita beridam dalam satu pusat, yaitu namaNya, Tuhan akan berdiam dalam satu pusat juga, yaitu hati kita. Di seluruh penjuru dunia ini tiada apa pun selain timbal balik semacam ini, karena pusat itu ada di mana-mana, sebagaimana selalu berjalannya masa.
Di antara peristiwa saat ini, ketika kita mengingat Tuhan,dan kematian, ketika Tuhan akan mengingat kita, ada sisa kehidupan, satu masa sepanjang masa kini sampai saat terakhir, tetapi lamanya waktu tersebut hanyalah pergantian dari masa kini ke masa kini, karena kita senantiasa hidup “saat ini”. Maka sebenarnya, ketika kita bebas untuk mengingat Tuhan dan mendapatkan kebahagiaan dalam mengingatNya, pastilah selalu dalam berkah yang sama.
Kita tidak bisa terbebas dari kematian, tetapi kita bebas memilih Tuhan. Adalah benar bahwa hanya Tuhan sendiri yang bebas secara absolut. Meskipun demikian kebebasan kita itu riil dalam tingkatannya sendiri, kalau tidak begitu, dunia ini tidak akan ada, karena ia memanifestasikan kemerdekaan Tuhan dan dengan demikian berpartisipasi di dalamnya. Dalam Tuhan kita bebas menjadi apa pun, dan sampai tingkat tertentu Tuhan menyatukan kita kembali ke dalam kebebasanNya yang tak terbatas.

Dikutip dari Transfigurasi Manusia Refleksi Antrosophia Perennialis, oleh Frithjof Schuon, halaman 171-172.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s